Buku: Herr Der Diebe (Pangeran Pencuri) oleh Cornelia Funke

Posted on February 23, 2012

1


Recently, I finished read Her Der Diebe by Cornelia Funke it was a  great book. Now I want to post a review about it, and as usual, for reviews, movies and books, I will post it in Bahasa Indonesia. But I told you, this book sure makes you want to read more and more.

Herr Der Diebe (Pangeran Pencuri)

Penulis: Cornelia Funke
Alih Bahasa: Hendarto Setiadi
Bahasa: diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia
Tebal: 419 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Paperback, Cetakan II, Maret 2011

Bermodal dongeng malam hari yang diceritakan mendiang sang ibu, Prosper dan Bo, melarikan diri dari paman dan bibi mereka, suami-istri Hartlieb, yang kejam dan ingin memisahkan mereka selepas meninggalnya sang ibu, ke Venezia, Italia. Kehidupan mereka sontak menjadi terlantar ditengah kota berpenampilan megah yang selalu membuat mereka terpesona. Beruntung mereka bertemu dengan anak-anak lain sejenis Tawon; seorang gadis kecil yang rambutnya dikepang lancip sehingga menyerupai sengat lebah, Riccio, Mosca, dan tentu saja, Sang Pangeran Pencuri.

Pangeran Pencuri. Adalah sesosok laki-laki kelewat belia yang terkenal lihai memasuki celah demi celah bangunan di Venezia, Italia, serta mengenal seluk beluk kota tersebut. Namanya saja sudah pangeran pencuri, tentu ia terkenal karena kelihaiannya menyusup serta mencuri barang-barang di bangunan indah yang ia masuki. Dalam aksinya, Sang Pangeran selalu mengenakan pakaian gelap serta topeng hitam pekat yang menutupi hampir seluruh wajah mudanya. Dibalik semua itu, adalah Scipio Massimo, bocah berusia tak lebih dari 13 tahun yang selalu bergaya selayaknya pria dewasa. Scipio atau lebih dikenal sebagai Pangeran Pencuri, melakukan segala itu untuk membantu beberapa temannya yang tinggal di STELLA, bangunan bekas bioskop yang kerap disebut mereka sebagai Istana Bintang. Scipio sangat terkenal dengan gelarnya, ia juga disegani oleh kebanyakan orang, setidaknya untuk bocah-bocah penghuni Istana Bintang. Sampai suatu ketika, identitasnya yang sangat rahasia oleh seorang detektif bernama Victor Getz yang ditugaskan oleh suami-istri Hartlieb untuk mencari keponakan mereka yang melarikan diri, Prosper dan Bo.

Satu persatu kebohongan Scipio pun terungkap. Seiring dengan terbongkarnya identitas asli Sang Pangeran, Scipio pun mulai kehilangan kepercayaan dari teman-teman yang biasa menghormatinya. Terlepas dari siapa sebenarnya Scipio, keenam anak tersebut sebenarnya sedang terikat perjanjian dengan Sang Conte, lelaki misterius yang menugaskan mereka mencuri sayap kayu di Cassa Spavento dengan imbalan uang yang sangat banyak. Pertanyaan demi pertanyaan membelit serta membangkitkan rasa keingintahuan, apa pantas satu ransel besar uang ditukar dengan sebuah sayap kayu curian?

Herr Der Diebe karya Cornelia Funke jelas adalah salah satu cerita fantasi terbaik yang ada dan layak dibaca semua kalangan. Cornelia Funke berhasil menciptakan imajinasi yang nyata dengan setiap detail yang dideskripsikan secara jelas. Ia membuat kota Venezia menjadi lebih hidup bagi pembacanya dengan menjelaskan seluk beluk, setiap sudut bahkan setiap senti keindahan kota tersebut. Meski lebih dikenal sebagai penulis trilogi Inkheart, namun bukunya yang berjudul Herr Der Diebe ini sungguh memikat hati. Didalamnya terdapat kasih sayang seorang kakak kepada adiknya, kebersamaan dan kepercayaan, persahabatan, serta yang begitu menonjol adalah pengaruh lingkungan sekitar terhadap pola pikir seorang anak, seperti hal nya yang dialami oleh Scipio.  Cornelia Funke adalah seorang wanita berkebangsaan Jerman yang lahir pada 10 Desember, 53 tahun silam yang juga terkenal sebagai penulis kisah fiksi anak. Sepanjang karirnya sebagai penulis kisah fiksi anak, karya-karyanya banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Book Sense Children’s Literature Award untuk bukunya yang berjudul Inkheart pada tahun 2004. Ia pun terpilih sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2005 oleh majalah Time. Beberapa karyanya seperti Herr Der Diebe (The Thief Lord) dan Inkheart telah difilmkan beberapa tahun silam.

Posted in: Book Review