Buku: Poconggg Juga Pocong oleh @Poconggg

Posted on September 10, 2011

0


Pagi ini, barusan ajaa aku selesai baca buku PJP (Poconggg Juga Pocong)-nya @Poconggg. Sebenarnya buku ini sudah aku dapat sejak 15 Juli 2011 lalu, tapi sehabis aku sampul buku PJP disabet langsung oleh adikku, Kiza. Setelah dibacanya, aku jadi nggak berselera untuk baca buku ini. Karena Kiza selalu nyeritain bagian-bagian yang dia baca “Eh ca, tau nggak masa ya kata poconggg begini…. begini.. bahahahhahaa beginiii….” Aku merasa nggak tanpa baca aku sudah tau deh isinya apa =.=a. Selain itu juga, saat itu aku sedang baca buku lain. Makanya aku baru sempat baca bukunya pagi ini. Selesai sholat subuh langsung kubabat!😀 Agak susah juga dapetin buku ini. Aku ingat aku sampai berkali-kali ke toko buku dan selalu kehabisan. Hinggal 15 Juli itu baru aku dapat buku ini. Sebenarnya agak bingung juga mau nulis apa tentang buku ini selain menghibur. Lucu.

Poconggg Juga Pocong

Penulis: @Poconggg
Editor: Aan Syafrani
Bahasa: Indonesia
Tebal: 142 halaman
Penerbit: Bukune
Paperback, cetakan I, 2011

Awalnya, aku ingin melewati bagian Kata Pengantar, tapi ternyata Kata Pengantar justru memberi kelucuan tersendiri. Curhat colongan pemilik akun @poconggg itu dalam menyelesaikan buku yang sering diberi sebutan PJP itu begitu hangat dan mengocok perut. Secara keseluruhan, buku ini menceritakan tentang sesosok pocong yang ‘gagal’ dalam berdinas karena wajahnya yang tidak mendukung. Sosok pocong ini kerap kali dihina dengan sebutan ‘cupu’ karena hal ini. Hingga ia menemukan cara yang ia pikir dapat membuatnya terlihat lebih keren. Di bab-bab awal, @poconggg menceritakan tentang kehidupannya sebagai setan dalam berdinas, tapi semakin mendalami buku, semakin random pula isi yang disajikan @poconggg.

Seperti memasuki satu persatu pikiran @poconggg, kita diajaknya membahas beragam tema, dari iklan, perfilman, hingga prediksi prediksi yang mengandung banyolan. Semua dikemas dalam kalimat-kalimat yang akrab ditelinga. Sosok @poconggg ini memang fenomenal di social network. Akun yang sekarang difollow oleh ratusan ribu pengguna twitter ini sering mentweet tweets lucu yang mengundang gelak tawa. Caranya menanggapi komentar pengguna twitter pun mampu membuat orang lain yang membacanya terpingkal-pingkal. Tidak heran buku Poconggg Juga Pocong  ini mengundang banyak decak kagum karena kelucuannya.

Banyak pembaca yang agaknya kecewa dengan buku ini karena semakin ketengah, kelucuan berkurang. Namun begitu, untuk sebuah awalan, penulis menyampaikan pesan dan cerita dengan begitu lancar.

Mengenai identitas, @poconggg sendiri awalnya merahasiakan identitasnya. Followers hanya berkeyakinan bahwa pengguna akun @poconggg sudah pasti seseorang yang lucu dan kemungkinan lelaki. Namun beberapa hari belakangan, twitter di gemparkan dengan terbongkarnya identitas @poconggg yang sebenarnya. Adalah Arief Muhammad, seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti lah yang berada dibalik akun tersebut.

Link terkait:

Posted in: Book Review