Trade (2007)

Posted on August 20, 2011

0


Film lain yang baru saja aku tonton adalah Trade. Ini adalah film internasional dan merupakan film lama, film tahun 2007. Temanku meminjamkannya padaku, seperti yang pernah kutuliskan.

Trade (2007)
Directed by: Marco Kreuzpaintner
Produced by: Roland Emmerich, Rosilyn Heller
Casts: Kevin Kline, Cesar Ramos, Paulina Gaitán, Alicja Bachleda-Curus

Sinopsis:
Berlatar di Mexico, hiduplah Adriana (Paulina Gaitán) yang tinggal bersama Ibunya dan kakak lelakinya, Jorge (Cesar Ramos) dalam keluarga miskin. Adriana adalah gadis kecil yang baik dan selalu dijaga oleh ibunya sedangkan Jorge adalah remaja yang lebih suka berkeliaran diluar daripada dirumah. Pada ulangtahunnya yang ke 13, Adriana mendapatkan hadiah sepeda dari Jorge. Namun sang Ibu merasa sepeda itu berasal dari uang yang tidak baik dan melarang Adriana memakai sepedanya.

Jorge sendiri memang memiliki pekerjaan yang tidak baik, mengaku sebagai agen turis yang menawarkan layanan wanita tuna susila kepada para turis. Jorge lalu membawa kliennya ke tempat sepi dan merampoknya disana. Uang dan benda hasil rampokannya ia gunakan untuk berpesta bersama teman-temannya atau disimpan. Namun baik Jorge maupun Adriana keduanya saling menyayangi dan berusaha memberikan yang terbaik.

Mengabaikan larangan ibunya, Adriana-pun bersepeda menyusuri jalanan yang sepi, berniat menyusul Jorge ketempat biasa kakaknya berada. Namun baru beberapa meter meninggalkan rumah, Adriana menyadari bahwa sebuah mobil mengikutinya. Merasa ada yang aneh, Adriana berusaha melarikan diri dengan mempercepat laju sepedanya dan memasuki jalanan kecil. Sayangnya itu saja tidak cukup. Adriana pun dibawa paksa dengan orang-orang yang tidak ia kenal.

Adriana dibawa menuju sebuah rumah, dimana ia bertemu dengan Veronica (Alicja Bachleda-Curus) seorang ibu muda asal Polandia yang dijanjikan kehidupan yang lebih baik serta masa depan cerah di Los Angeles. Veronica sendiri baru menyadari bahwa dirinya kini berada didalam perdagangan ilegal. Nantinya, Adriana beserta korban penculikan lainnya akan dibawa ke Amerika dan diperdagangkan melalui internet.

Sementara itu, Jorge berusaha mencari Adriana, yang telah ia ketahui diculik dan mungkin akan diperdagangkan di New Jersey. Saat tengah mencari keberadaan adiknya, Jorge melihat Adriana beserta beberapa orang lainnya dibawa masuk kedalam sebuah truk pengangkut buah. Jorge pun mengikuti truk itu sampai ke Juarez. Sayangnya begitu ia memasuki rumah tempat Adriana disekap, rumah itu sudah kosong. Sebuah mobil dengan nomor polisi Texas parkir didekat rumah itu. Jorge memutuskan untuk ‘menumpang’ di mobil itu untuk melewati perbatasan Amerika dan mencari adiknya.

Mobil yang ditumpangi Jorge adalah milik Ray, seorang penyelidik federal penipuan asuransi yang berupaya mencari jejak anaknya yang dijual pada usia 10 tahun, 10 tahun yang lalu. Bersama dengan Ray, Jorge berupaya mencari adiknya, Adriana menuju New Jersey.

Film ini mengungkap perdagangan ilegal manusia, khususnya wanita dan anak dibawah umur untuk tindak asusila. Sedih dan menegangkan. Sementara melihat betapa sayangnya seorang kakak dengan adiknya, kita juga diperlihatkan betapa kadang kala ketidakadilan justru datang dari pihak yang mungkin seharusnya memberikan keadilan. Pilihan bagus untuk ditonton🙂

gambar diambil dari google.com

Posted in: Movie