Meriahnya “Ramadhan Spirit and Fun”

Posted on August 7, 2011

0


Hari ini super banget. Sejak pagi hingga dzuhur tadi. Hari ini merupakan hari yang sangat berkesan selama liburan ini..

Minggu pertama Ramadhan dalam lingkungan tempat tinggalku berarti adalah minggunya perlombaan. Sudah menjadi tradisi ditempat tinggal kami mengadakan lomba yang dikhususkan untuk adik-adik setingkat TK hingga SMP pada minggu pertama bulan Ramadhan. Beraneka ragam lomba diselenggarakan untuk menambah semangat adik-adik dalam menyambut bulan Ramadhan. Acara ini sekaligus untuk memberi pengertian dan mendekatkan adik-adik lebih akrab dengan bulan Ramadhan, agar puasanya, tidak sekedar berpuasa.

Acara dimulai dari pukul 8.00 WIB. Jauh sebelum pukul 8, panitia sudah sibuk dengan persiapan lomba yang diadakan di masjid Al-Kautsar Griya Telaga Permai ini. Pasalnya ada 6 lomba yang diselenggarakan hari ini. Dimulai dari mewarnai gambar masjid, menulis indah kaligrafi, lomba adzan, lomba tilawah Al-Qur’an, hafalan surat pendek, dan lomba kreatifitas membuat kartu lebaran.

Semangat adik-adik peserta lomba begitu terasa sejak bahkan sebelum pukul 8. Beberapa, sudah ada yang berkumpul disekitar masjid. Mulai mendaftar ulang dan saling bercengkrama hingga pukul 8.30 WIB acara pun dimulai.
Semangat mereka semakin berkobar ketika lomba dimulai. Masing-masing peserta lomba mulai mempersiapkan diri ditempat yang telah disiapkan oleh panitia lomba. Dimulai dari lomba mewarnai dan kaligrafi yang dilaksanakan berdekatan. Adik-adik peserta lomba tampak serius dan bersemangat menyelesaikan karya mereka. Memadukan warna demi warna yang tepat untuk membuat gambar masjid mereka yang polos menjadi indah dan penuh warna.

Lomba lainnya, yaitu lomba hafalan surat pendek dan tilawah Al-Qur’an
dilaksanakan bersamaan dengan dua lomba sebelumnya. Menyusul dua lomba yang terakhir, lomba kreatifitas membuat kartu lebaran dan lomba adzan. Seluruh lomba berlangsung dengan meriah. Bukan hanya peserta yang semangat, tapi juga orangtua yang mengantar peserta. Rangkaian lomba berlangsung sampai sekitar pukul 11 WIB yang langsung dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba. Lomba Ramadhan depan diharapkan lebih ramai dan lebih sukses daripada Ramadhan ini🙂

Keseluruhan lomba saat itu berlangsung dengan sangat meriah dan sukses. Sekitar 67 peserta terdaftar dalam lomba hari ini. Aku sendiri merasa sangat senang karena ini merupakan pengalaman pertamaku dan RISMA (Remaja Islam Masjid Al-Kautsar) mempanitiai acara lomba. Sebelumnya, RISMA sendiri sudah menyelenggarakan sebuah acara yang tak kalah sukses, nonton bareng RISMA. Kedepannya, mengisi Ramadhan ini, rencananya RISMA akan mengadakan buka bersama remaja masjid juga insyaAllah akan ada pesantren kilat yang selalu dinanti remaja Griya Telaga permai.

Di masjid tadi, ada foto yang cukup berkesan bagiku,

bisakah kalian lihat apa yang mereka mainkan diusia mereka yang masih sangat muda?🙂

ada lagi, sebuah kartu lebaran buatan salah seorang peserta bertuliskan:

“Kita salam-salaman yuk, aku maafin kamu, kamu maafin aku”

sangat menyentuh hatiku, sayang aku tidak sempat mengambil fotonya😦

Kegiatan selanjutnya akan aku post lagi dalam blog ini🙂

Posted in: My Journal