Selamat Datang Bulan Ramadhan

Posted on July 31, 2011

0


Bertemu dengan Ramadhan ditahun 2011 ini adalah nikmat yang tiada taranya. Alhamdulillah sudah sepatutnya kita ucapkan dalam setiap nafas kita. Betapa beruntungnya dipertemukan dengan bulan penuh nikmat, hikmah, barakah, dan segala kebaikan. Dibulan Ramadhan ini, kita dapat bonus yang sangat besar dari Allah swt. Sayang, tarawih pertama aku belum bisa ikut karena siklus😦.

Tapi dari rumah aku sempat dengar kultum tadi. Tidak begitu jelas karena konsentrasiku terbagi, tapi intinya Ramadhan ini adalah bulan yang tepat untuk memulai segala niat baik, karena setiap niat baik kita dicatat. Berniat mengkhatamkan Al-Qur’an tidak hanya sekali, berniat tarawih yang khusyuk dan berkelanjutan (tidak bolong-bolong), atau meningkatkan ibadah? Apapun niat baiknya, silakan saja, tapi jangan hanya berniat saja, dilaksanakan juga. Niat saja sudah dicatat, apalagi kalau dilaksanakan, catatan amal baik kita, insyaAllah akan bertambah pesat🙂

Aku puasa sejak aku masih sangat kecil. Waktu kecil dulu, orangtuaku mengiming-imingi aku imbalan dihari Idul Fitri jika puasaku full atau nggak ada yang ‘batal’. Hadiah ini yang memompa aku berpuasa. Tapi semakin lama semakin aku berpikir dan mengetahui bahwa hadiah yang kudapat dengan berpuasa dibulan Ramadhan ini bukan hanya kudapat dari kedua orangtuaku, tapi juga dari Allah swt. Bagaimana tidak, setiap pahala ibadah yang kita kerjakan dilipat gandakan dibulan penuh berkah ini, bahkan tidur pun menjadi ibadah!

Rasanya setiap tahun, bulan yang paling aku nanti adalah bulan Ramadhan. Apa yang kudapat dari bulan Ramadhan? Libur panjang, teman baru dari aktivitas baru dirumah; seperti sanlat dan lainnya, ‘hadiah’ dari kedua orangtuaku, baju baru tapi semakin dewasa, yang kutunggu bukan hanya itu, tapi hadiah lain yang tidak terkira dari Allah swt.

Dulu aku sering malas tarawih, alih-alih sholat yang kulakukan adalah turun kebawah dan beli jajanan, tapi semakin lama aku semakin sadar, kenapa malas tarawih? Nikmat ibadah malam berjama’ah ini hanya dapat kita nikmati sebulan saja, dibulan Ramadhan ini.

Masih banyak nikmat yang ada dibulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini, mari kita lalui dengan ceria dan penuh semangat. Tingkatkan ibadah dan ‘rem’ segala yang berlebihan. Selamat datang bulan Ramadhan🙂

Posted in: My Journal