Leap Year (2010)

Posted on July 28, 2011

0


Hari pertama liburan ini diawali dengan nonton Leap Year. Film yang bagus meskipun awalnya aku pikir bukan tipe film yang suka aku tonton, tapi film bergenre comedy-romance ini aku nikmati dari awal sampai akhir. Dan dengan senang hati aku rekomendasikan untuk ditonton. Pikiranku berubah, Aku suka film ini.

Leap Year (2010)

Directed by: Anand Tucker
Written by: Simon Beaufoy, Deborah Kaplan, Harry Elfont
Starring: Amy Adams, Matthew Goode, Adam Scott

Mengangkat tradisi lama Irlandia, Leap Year bercerita tentang Anna Brady (Amy Adams) yang berencana untuk melamar pacarnya, Jeremy (Adam Scott) pada 29 Februari (Leap day). Menurut Tradisi Irlandia, lelaki yang dilamar oleh perempuan pada hari itu harus menyetujui lamaran si perempuan. Jadi Anna pun menyusul Jeremy ke Dublin, Irlandia. Alih-alih mendarat di Dublin, pesawat yang ia tumpangi malah mendarat darurat di Cardiff, Wales. Anna memaksakan diri melawan cuaca yang buruk untuk pergi ke Dublin melalui jalur laut. Tapi sial seolah-olah datang pada Anna sejak awal, kapal yang ia tumpangi hanya bisa mengantar Anna sampai Dingle Peninsula. Disinilah ia bertemu dengan Declan O’Callaghan (Matthew Goode), seorang pemilik penginapan (sekaligus koki, kurang lebih😛 ) yang terbelit hutang.

Masih dengan semangatnya menuju ke Dublin, Anna mencoba mencari cara menuju Dublin. Awalnya, Declan tidak mau mengantar Anna ke Dublin tapi karena hutangnya, akhirnya Declan mau mengantar dengan iming-iming imbalan sejumlah uang. Perjalanan mereka sama sekali tidak berjalan mulus. Dari mulai mobil Declan yang terjebak di rawa-rawa, ketinggalan kereta sampai harus pura-pura sebagai sepasang suami-istri. Perjalanan itu membuat Anna dan Declan saling mengenal satu sama lain. Tapi rencana awal Anna harus tetap berjalan. Ia harus tiba di Dublin setidaknya pada tanggal 29 Februari.

Film ini sarat akan makna. Bagian favorit-ku adalah ketika Declan dan Anna terlibat dalam perbincangan mengenai apa yang akan diselamatkan jika rumahmu kebakaran dan kau punya waktu 60 detik untuk menyelamatkan sesuatu dan bagian dimana Anna benar-benar ‘mencoba’ 60 detik itu diakhir. Aku punya perasaan yang tidak bisa diterjemahkan secara jelas mengenai pertanyaan itu. Karena aku berpikiran beberapa orang yang kutahu, menyadari betapa berartinya seseorang dalam hidupnya, tapi terkadang mereka mementingkan harta yang jelas-jelas bisa dimiliki lagi lain waktu dibandingkan seorang yang jika pergi mungkin mereka tidak akan kembali.

oya, ini post ke 60 ku loh🙂

 

 

Posted in: Movie