3 Idiots

Posted on June 12, 2011

0


Bagi siapa saja yang follow twitter-ku pasti sudah nggak asing dengan film ini, karena sejak beberapa pekan lalu, aku banyak mengungkit film ini. Sebenarnya aku bukan seorang fanatik film India. Berhubung salah satu temanku yang pemilih menonton film ini, aku jadi penasaran dan ikut menontonnya. Mungkin agak telat ya buat posting ini, tapi apa salahnya berbagi?ūüôā

3 Idiots (Comedy)
Producer : Vidhu Vinod Chopra (Vinod Chopra Productions)
Writer : Abhijat Joshi, Rajkumar Hirani
Casts: Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, Boman Irani, Omi Vaidya, Parikshit Sahni, Javed Jaffrey
Sinopsis:
Film ini berawal dari sebuah pencarian. Pencarian 2 orang sahabat plus¬†seorang ‘saingan’ yang mencari sahabat lama yang menghilang semenjak hari kelulusan,¬†Ranchodas Shamaldas Chanchad (Aamir Khan).
Farhan Qureshi (R. Madhavan) secara mengejutkan, suatu hari mendapat kabar dari Chatur Ramalingam (Omi Vaidya) bahwa ia mengetahui keberadaan Rancho. Farhan pun segera menghubungi sahabatnya, Raju Rastogi (Sharman Joshi). Keduanya segera menuju ke kampus Imperial College of Engineering (ICE) tapi tidak menemukan Rancho. Mereka hanya menemukan Chatur yang memamerkan semua yang ia punya. Tapi tentu saja kedatangan mereka ke kampus tidak sia-sia, karena Chatur mendapat informasi keberadaan Rancho.
Bisa dibilang, Rancho adalah sahabat yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Seorang sahabat yang istimewa. Dimalam pertamanya berada di asrama saja ia sudah mempermalukan senior dengan tingkah lakunya. Belum lagi ketika dipagi hari lagi-lagi ia mempermalukan orang penting di kampusnya, Rektor ICE, Dr. Viro Shastrabhuddi (Boman Irani) dengan pertanyaannya mengenai pena astronot. Hari pertamanya kuliah juga seperti itu, tidak heran mengapa dosen justru sering mengusirnya. Tapi niat dan kesukaan Rancho terhadap belajar yang sangat tinggi menuntun ia untuk masuk kelas lain setiap diusir. Prinsip Rancho adalah belajar bisa dimana saja, selagi bisa, raihlah!
Pikiran ajaib Rancho yang unik tidak hanya tentang belajar, tapi tentang konsep diri dan lainnya. Semua dalam diri Rancho seolah berbeda dengan orang kebanyakan, membuatnya tampak mencolok. Baginya, belajar itu bukan sekedar menghapal, tapi mengerti apa yang dipelajari. Tapi rupanya perbedaan pemikiran serta cara menyampaikan pikirannya yang berbeda itu tidak selalu disukai oleh semua orang. Seperti Viru yang sering dipanggil dengan sebutan Virus yang tidak pernah akur dengan Rancho. Memang Virus memiliki sifat dasar yang tidak mau kalah dalam hal apapun, tapi Rancho dipandangnya sebagai musuh. Bahkan ia mengirim surat peringatan kepada keluarga kedua sahabat Rancho karena ia beranggapan, berteman dengan Rancho dapat memberikan pengaruh buruk.
Melalui surat peringatan itu, ia mengenal keluarga sahabatnya. Farhan berasal dari keluarga yang biasa saja, berkecukupan walau pas-pas-an. Ayahnya adalah seorang yang keras yang sangat mengharapkan Farhan menjadi insinyur. Sedangkan Raju berasal dari keluarga yang miskin. Ibunya hanya pensiunan guru yang memperhitungkan segalanya dengan mendetil, ayahnya sakit keras sementara kakak perempuan Raju belum juga menikah. Ini menjadi beban tersendiri bagi Raju.
Ditengah perjalanan pulang mereka menuju asrama, ketiga sahabat yang kelaparan ini mampir disebuah pesta pernikahan. Disinilah mereka bertemu Phia (Kareena Kapoor), seorang dokter cantik yang ternyata adalah anak rektor mereka, Virus. Siapa sangka, pesta itu justru membuat persahabatan Rancho dan Raju merenggang.Raju pindah kamar menjadi sekamar dengan Chatur seperti yang disarankan oleh Virus. Sampai suatu hari Rancho menyelamatkan ayah Raju.
Masih banyak lagi adegan mengharukan didalam film ini. Adegan persahabatan dan betapa sahabat seperti Rancho patut dipertahankan. Rancho selalu berkata “All is well” semata-mata untuk mengelabui hati yang dikatakan olehnya pengecut. Agar semuanya membaik dan dapat dilalui dengan mudah.
Film ini aku rekomendasikan untuk semua pelajar yang mungkin sedang berada dititik jenuh dan para sahabat. Didalamnya terdapat banyak kata mutiara yang sanggup menyemangati kisah. Siapa bilang film India hanya sekedar tangis-tangisan, hujan-hujanan, dan nyanyi-nyanyian? Lihat dalamnya, isinya tentu.
Selamat menonton
Posted in: Movie