Manisnya Berbagi

Posted on September 4, 2010

0


Tanggal 29 Agustus kemarin, masjid didekat rumahku mengadakan acara buka puasa bersama. Masjid itu memang biasa mengadakan buka puasa bersama setiap harinya, tapi kemarin itu berbeda. Karena para undangannya adalah anak-anak yatim piatu dari berbagai yayasan. Undangannya sih sekitar 750 orang, tapi masih ada sisa nasi bungkus kurang lebih 50 bungkus. Kebetulan, aku dan teman-teman remaja disekitar rumah ikut bantu-bantu acara. Nggak banyak sih, cuma bantu tenaga,t api berasa banget.

Kami ngumpul di masjid sekitar sehabis Ashar. Aku dateng rada telat karena harus nyamper yang ahwatnya dulu. Ahwatnya bukan karena dandannya kelamaan, lataran waktu dijemput mereka baru bangun ~,~.

Tapi kita tetep dateng dan bantu-bantu. Jadwal acara berlangsung jam 5 sore. Ada kultum dan dzikir bersama. Awal yang dateng rata-rata ibu-ibu, aku jadi bingung sendiri, katanya anak yatim. Tapi ternyata undangannya juga disebar diwarga sekitar perumahan yang kurang mampu. Lalu sekitar 15 menit menjelang maghrib, adik-adik undangan dari Depok dan Bojong dateng langsung memenuhi palataran masjid dekat kami.

Melihat adik-adik itu dateng dengan senyuman, rasanya seneng banget. Tambah seneng waktu ada beberapa adik yang bilang “Makasih teh”, waktu aku bagiin es melon untuk buka. Rasanya ada yang beda.

Waktu kami dipersilakan untuk buka, beberapa adik disekitar kami ada yang kebingungan, tapi akhirnya melahap juga nasi bungkus yang kami kasih. Ada juga yang dibawa pulang. Kayaknya waktu makan bareng, mata aku dibukakan sama Allah, disekitarku ada loh mereka-mereka yang tidak seberuntung aku. Selama ini aku selalu beranggapan kalau semuanya berubah setelah papa meninggal. Tapi saat itu juga, aku sadar kalau perubahan itu nggak seberapa dengan apa yang adik-adik itu alami dari kecil.

Aku jadi pingin kegiatan seperti ini diadain lagi. Rencananya Karang Taruna disekitar rumahku mau bikin acara sahur on the road. Mau ikut ahh😄

foto-foto acara buka bersama:

Tagged:
Posted in: My Journal