How To make Washi Doll

Posted on August 13, 2010

5


Dari namanya aja pasti udah ketebak kalau boneka Washi ini berasal dari negri sakura. Iya, Boneka Washi memang berasal dari Jepang. Boneka ini cantik-cantik dengan busana tradisional khas Jepang, Kimono.

Nggak banyak yang aku tahu tentang Boneka Washi. Selain dari mana si cantik ini berasal dan bagaimana cara membuatnya. Dan waktu aku search di mbah google, ternyata boneka washi ada juga yang bentuknya rumit, nggak cuma dari kertas aja.

Sensei, guru bahasa jepang kami waktu SMA, ngajarin kami cara bikin boneka Washi dari kertas origami dan kertas kado. ini cara sederhana untuk membuat boneka Washi. mau ikutan?

Alat dan Bahan yang kita perlukan:

  
1. Kertas karton puti, untuk kepala dan leher
2. Kertas krep, pilih yang bewarna gelap. Gunting ukuran 8cm x 4,5cm
3. Kertas kado, pilih yang warna cerah untuk kimono. Gunting ukuran 12cm x 7cm
4. Kertas origami (Kertas warna), gunting dalam 2 ukuran 7cm x 2,5cm untuk tali obi dan 7cm x 5cm untuk tali obi besar untuk pita.

pilih warna yang sesuai untuk kimono dan obi, supaya washi-mu makin cantik

5. Penggaris
6. Gunting
7. Lem
8. Uang logam Rp.100,- untuk mencetak kepala washi (fotonya nggak kejepret :p)

cara buatnya :

1. Cetak uang logam pada kertas karton putih lalu gunting membentuk lingkaran. Gunting pula karton membentuk persegi panjang kecil untuk leher boneka washi lalu rekatkan keduanya seperti pada gambar. Rekatkan sedikit bagian persegi panjang pada bagian belakang lingkaran.

2. Lipat sedikit bagian luar kertas kado yang sudah digunting sesuai selera kebagian dalam (nantinya, bagian ini akan membentuk kerah kimono). Lalu lipat lagi kebagian luar kimono dengan menyisakan sedikit bagian dalam (seperti membuat kipas-kipasan).

   

3. Rekatkan ujung lain leher kebagian dalam kertas kado yang telah dilipat. Rekatkan tepat dibagian tengah.

4. Lipat sisi kertas kado menjadi bentuk segitiga pada sisi leher washi dari kiri lalu ke kanan.

   

5. Lipat sisi kiri dan kanan kertas kado kebagian dalam. (kiri ke kanan).

   

6. Rekatkan kertas origami berukuran 7cm x 2,5cm diatas kertas kado. Untuk boneka washi perempun, rekatkan sedikit kebagian atas, sementara untuk boneka washi lelaki rekatkan sedikit ke bagian bawah.

   

7. Sementara itu, lipat kertas kado berukuran 7cm x 5cm menjadi dua bagian sama lebar, lalu lipat menyerong tepat dibagian tengahnya hingga membentuk huruf ‘v’.

   

8. Rekatkan kertas kado yang telah diipat menjadi pita dibagian belakang boneka washi (tepat dibelakang obi washi)

Boneka Washi-mu sudah hampir jadi nih. Tinggal tambahkan rambutnya saja.
Untuk membuat rambut boneka Washi sebenarnya sesuai keinginan, boleh panjang, pendek, dikuncir, digulung, dikepang, dikonde, diapakan saja sesuai keinginanmu. Caranya tentu berbeda-beda. Tapi disini aku kasih cara simpel buat bikin rambut boneka Washi-mu.

9. Rekatkan kertas krep dibagian belakang kepala boneka washi dengan menyisakan kertas krep pada bagian atas. Sehingga kalau dilipat kebagian depan, maka sisa itu akan membentuk poni washi yang mengisi hampir 3/4 bagian wajah boneka washi. Setelah direkatkan, lipat bagian kanan dan kiri rambut kebagian depan wajah boneka washi lalu lipat poninya dan rekatkan. tinggal kamu desain sendiri rambut seperti apa yang akan kamu tata untuk washi mu.

   

Taraaaa… Jadi deh boneka Washi yang cantik, gampang kan?

Ini dia foto-foto boneka Washi yang pernah aku buat..

 

Selamat mencobaa..😄

Posted in: How To Make It